Oktober 02, 2022
11 11 11 AM
Upgrade Keilmuan S2 Manajemen Bisnis di Kampus Bisnis Terbaik
Alasan Mengapa Wajib Tahu Siklus Haid
Makanan Untuk Tipes Terbaik Yang Harus Anda Tahu – SehatQ
Ini 3 Alasan Kamu Perlu Kredit Mobil Bekas Online
9 Cara agar Rambut Tidak Mengembang, Ternyata Mudah!
Latest Post
Upgrade Keilmuan S2 Manajemen Bisnis di Kampus Bisnis Terbaik Alasan Mengapa Wajib Tahu Siklus Haid Makanan Untuk Tipes Terbaik Yang Harus Anda Tahu – SehatQ Ini 3 Alasan Kamu Perlu Kredit Mobil Bekas Online 9 Cara agar Rambut Tidak Mengembang, Ternyata Mudah!

Makanan Untuk Tipes Terbaik Yang Harus Anda Tahu – SehatQ

Bagi penderita tipes, Anda harus memperhatikan jenis makanan untuk tipes yang dianjurkan apa saja dan pantangan makanannya apa saja.  Pasalnya, makanan yang dikonsumsi memang sangat mempengaruhi penyembuhan tipes yang dilakukan penderitanya.  

Jangan sampai asal konsumsi makanan yang akhirnya membuat tipes jadi kambuh dan semakin parah. Bagi yang belum tahu tenang saja karena di artikel ini kami bakal membahasnya untuk Anda secara lengkap dan terperinci. Jadi, simak dengan baik-baik agar tidak ketinggalan informasi.

 

Inilah Jenis Makanan Terbaik Untuk Tipes Yang Harus Dikonsumsi 

Ciri utama makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita tipes adalah mudah dicerna dan ringan. Biasanya makanan penderita tipes juga hambar agar gampang mudah dicerna. Juga untuk memperkuat imun tubuh penderitanya. 

Lantas, apa saja makanan terbaik untuk penderita tipes yang terbaik? Bagi yang penasaran bisa cek daftarnya berikut ini :

1. Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi tapi lunak

Makanan pertama untuk penderita tipes adalah makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi tapi pastikan harus bertekstur lunak. Contoh makanan yang dimaksud adalah bubur, telur rebus, bubur sereal hingga kentang panggang.

Umumnya, makanan jenis ini dapat membantu mengembalikan tubuh pasien. Makanan bertekstur lunak juga membuat penderita tipes terhindar dari komplikasi tipes yang kerap muncul. Diantaranya seperti pendarahan pada bagian usus dan masalah lainnya.

2. Makanan dengan tinggi kalori

Contoh makanan yang dapat dikonsumsi penderita tipes selanjutnya adalah nasi tim, kentang rebus, pasta hingga pisang. Jenis makanan ini dapat membantu penderita untuk mendapat energi tambahan serta mencegah berat badan berlebihan karena demam. 

Protein yang terkandung dalam makanan berkalori tinggi juga sangat bermanfaat untuk sumber energi. Yang selanjutnya dapat memelihara jaringan di dalam tubuh yang mengalami kerusakan. Jangan lupa cek kebutuhan kalori dengan alat yang akurat agar kebutuhan tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

3. Air dan buah-buahan yang mengandung air tinggi

Air dan berbagai buah-buahan yang mengandung banyak air juga harus rutin dikonsumsi penderita tipes. Jenis makanan atau minuman ini dapat membantu tubuh mengembalikan air yang terkuras karena demam. 

Cairan dalam tubuh sangat penting untuk diperhatikan supaya penyakit tipes bisa cepat sembuh. Contoh minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah air kelapa muda, jus buah, minuman berelektrolit hingga kaldu sayur. 

Tak hanya itu saja, buah-buahan dengan kandungan air tinggi juga perlu dikons rutin oleh penderita tipes. Diantaranya seperti anggur, aprikot hingga semangka. 

4. Berbagai olahan susu

Susu merupakan olahan yang memiliki kandungan protein tinggi. Susu juga sangat penting bagi tubuh, khususnya penderita tipes. Susu mengandung protein yang sangat bagus bagi tubuh. 

Jadi, sebisa mungkin konsumsi berbagai olahan susu secara rutin. Contoh olahan yang dimaksud adalah susu, telur dan yogurt.

 

Pantangan Makanan Untuk Tipes Yang Harus Anda Tahu

Selain tahu makanan yang dianjurkan dikonsumsi penderita tipes, Anda juga perlu paham dengan pantangan makanan apa saja yang harus dijauhi atau dihindari oleh penderita tipes. 

Bagi yang penasaran, berikut adalah pantangan makanan yang wajib diperhatikan oleh penderita tipes :

1. Sayuran mentah

Bagi penderita tipes, disarankan untuk menghindari konsumsi sayuran mentah. Pasalnya, sayuran mentah ini membuat perut menjadi kembung. Adapun contoh sayuran yang harus dihindari adalah kol, kubis, cabai, paprika hingga lobak. 

2. Kandungan serat tinggi

Makanan tinggi serat juga harus dihindari penderita tipes. Hal tersebut karena makanan dengan serat tinggi mempersulit pencernaan. Contoh makanan yang harus dihindari adalah roti gandum hingga sereal whole grains.

 

Bagi yang memerlukan tambahan informasi makanan untuk penderita tipes, langsung saja cek website Toko SehatQ. Anda bisa menemukan berbagai produk unggulan yang dapat membantu penderita tipes agar terhindar dari penyakit ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.