Agustus 19, 2022
11 11 11 AM
Mengenal Aplikasi Barbershop dan Aplikasi Klilnik Zenwel
Rekomendasi 5 Obat Tambah Darah Berkualitas. Cek Disini!
Cara Memulai Bisnis Online
Ketahui Manfaat Mesin Kasir Android Dari Gobiz
Usaha yang Cocok untuk Menggunakan Software Akuntansi Olsera POS
Latest Post
Mengenal Aplikasi Barbershop dan Aplikasi Klilnik Zenwel Rekomendasi 5 Obat Tambah Darah Berkualitas. Cek Disini! Cara Memulai Bisnis Online Ketahui Manfaat Mesin Kasir Android Dari Gobiz Usaha yang Cocok untuk Menggunakan Software Akuntansi Olsera POS

4 Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Menunggu di Lampu Merah

 

Ketika sedang menunggu di lampu merah, ada banyak hal yang tanpa disadari dapat mengurangi kewaspadaan Anda dari hal yang tak diinginkan

Ketika Anda berkendara, tentunya kerap merasakan menunggu di lampu merah bukan? Pada saat ini, tak sedikit pengemudi yang merasa mendapatkan kesempatan untuk sedikit “beristirahat’ sejenak. Tak salah memang, terlebih ketika sedang menghadapi kemacetan atau lalu lintas yang padat. Namun tentunya, Anda tetap perlu berhati-hati, lantaran ada banyak risiko yang menunggu Anda saat menunggu di persimpangan jalan.

Tak hanya itu, banyak kebiasaan yang kerap dilakukan saat menunggu giliran jalan, ternyata keliru dan disarankan untuk tidak dilakukan. Salah satunya adalah untuk menjaga kinerja beberapa komponen mobil agar tidak terlalu terbebani saat berhenti. Nah, agar lebih jelasnya, mari kita simak detail informasi mengenai hal yang sebaiknya dihindari saat sedang menunggu di lampu merah berikut ini.

1. Menggunakan rem tangan atau rem parkir

 

Hal pertama yang keliru adalah mengaktifkan rem parkir (parking brake) atau biasa juga dikenal dengan rem tangan. Sepintas memang tak adalah salahnya ketika mengaktifkan rem parkir saat menunggu di lampu merah, namun ternyata kebiasaan tersebut bisaa mengundang bahaya. Situasi di lampu merah masih cukup rawan kecelakaan, terlebih kemungkinan Anda ditabrak dari belakang. Dengan mengaktifkan rem parkir, Anda tak memiliki cukup waktu untuk melakukan manuver saat menghindar saat terjadi insiden tabrak dari belakang.

2. Langsung mengecek smartphone

Hal keliru kedua yang kerap dilakukan pengemudi saat menunggu di lampu merah adalah langsung mengalihkan perhatian pada gadget atau smartphone. Kebiasaan ini sangat berisiko karena akan mengurangi kewaspadaan Anda. Padahal, resiko bahaya dan kriminalitas mengintai Anda.

 

Dengan mengalihkan perhatian kita ke gadget atau smartphone, maka kita akan mudah kehilangan kewaspadaan. Manusiawi memang, ketika mudah merasa bosan saat menunggu, namun bukan menjadi alasan untuk bisa menggunakan gadget atau smartphone saat di belakang kemudi. Tetap waspada dan hati-hati.

3. Tidak menjaga jarak aman

Selanjutnya adalah tidak menjaga jarak ideal dengan kendaraan di depan. Padahal dengan menjaga jarak ideal dengan kendaraan di depan, Anda memiliki cukup ruang untuk menghindari saat keadaan mendesak. Contohnya ketika mobil di depan Anda mogok, dengan menjaga jarak ideal, maka kita punya cukup ruang untuk menghindar dan pindah jalur saat memungkinkan.

Begitu pula ketika kita mengalami tidakan kriminal, maka tersedia cukup ruang untuk menghindar. Jarak ideal saat berhenti atau menunggu di lampu merah adalah ketika Anda bisa melihat roda belakang kendaaraan di depan Anda. Jika tak bisa melihatnya, maka Anda terlalu dekat dengan mobil di depan Anda.

4. Tidak berhenti di belakang garis yang tersedia

Dengan tidak berhenti di belakang garis zebra cross yang ada atau menginjak garis putih atau marka jalan di zebra cross atau jalur penyeberangan, maka Anda sudah melanggar lalu lintas. Garis di jalur penyeberangan kan solid atau tidak terputus. Artinya tak boleh diinjak atau dilalui saat berhenti.  Berikanlah ruang yang cukup dan aman bagi pejalan kaki saat menyeberang jalan sebagai bentuk menghormati antar sesama pengguna jalan lainnya.

5. Tidak memindahkan tuas transmisi matik ke posisi ‘N’ atau netral

 

Kebiasaan terakhir ini memang kerap dilakukan oleh pengguna mobil matik. Padahal, kebiasaan tersebut berisiko membuat beban transmisi dan rem semakin besar lantaran dipaksa berhenti dalam waktu yang lama ketika tenaga mobil masih tetap disalurkan ke roda. Untuk itu, sebaiknya pindahkan tuas transmisi Anda ke mode ‘N’ atau Netral ketika menunggu lebih dari 10 detik atau ketika sedang di lampu merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.